Gangguan dan Penyakit Pada Hati

loading...
Sebagai salah satu organ yang sangat penting bagi manusia, maka kesehatan hati wajib kita jaga untuk menghindari berbagai macam gangguan dan penyakit pada hati. Pada kesempatan ini akan dijelaskan secara singkat beberapa gangguan dan penyakit pada hati yang perlu kita ketahui.

Hepatitis atau radang hati


Hepatitis atau radang hati adalah peradangan pada hati yang disebabkan oleh kebiasaan minum minuman beralkohol dan menggunakan obat-obatan berdosis tinggi. Penyakit hepatitis juga dapat terjadi karena infeksi virus hepatitis. Radang hati ini menyebabkan terjadinya komplikasi pada organ tubuh yang lain.
Macam-macam hepatitis yaitu sebagai berikut :
 

1.    Hepatitis A
 
Hepatitis A terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan organ hati yang terjadi secara mendadak. Kerusakan ini disebabkan oleh virus hepatitis A yang biasa ada di air yang kotor.
 

2.    Hepatitis B
 
Hepatitis B terjadi akibat adanya kerusakan pada jaringan hati  yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Penyakit ini umumnya menyerang orang dewasa. Pada umumnya, penyakit pada hati ini muncul akibat dari kekebalan tubuh yang menurun. Hepatitis B dapat menular melalui kontak darah, keringat, dan air liur.
 

3.    Hepatitis C
 
Hepatitis C terjadi akibat adanya kerusakan pada jaringan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis C. Penyakit ini biasanya ditularkan secara langsung dari satu orang  ke orang lain melalui darah, jarum suntik, atau ibu hamil kepada janinnya.
 
Heaptitis C ditandai dengan gejala-gejala lemah, letih, lesu dan nyeri otot ; demam ringan ; mual, nafsu makan menurun, dan tubuh menguning (mata dan kulit menguning) ; juga air kencing berwarna gelap, kotoran pucat, dan kadang-kadang timbul gejala flu ringan.
 

Penyakit kuning (jaundice)


gangguan dan penyakit pada hati
Penyakit kuning dapat menyerang baik orang dewasa maupun anak-anak. Penyakit pada hati ini disebut sebagai jaundice karena gejala awalnya ditandai dengan warna kulit dan mata yang menjadi kuning. Penyakit ini merupakan gejala awal yang menunjukkan adanya gangguan pada hati, penyumbatan saluran empedu, atau adanya gangguan pada metabolisme bilirubin.
 
Gejala penyakit ini antara lain mata dan kulit berwarna kuning, terjadi demam, cepat lelah, pusing, dan kadang disertai pingsan. Kulit dan mata menjadi kuning karena bilirubin dalam tubuh meningkat.

 

Sirosis hati (pengerasan organ hati)


Penyakit hati ini ditandai oleh kerusakan pada sel hati yang disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan atau minuman beralkohol. Selain itu, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, adanya sel tumor atau kanker, serta adanya penumpukan racun dalam tubuh yang berlebihan. Gejala sirosis hati antara lain :
  1. Perut kembung dan banyak angin, nyeri pada daerah ulu hati.
  2. Perut mengeras dan membesar.
  3. Demam, meriang, dan tubuh sulit digerakkan.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam gangguan dan penyakit pada hati. Semoga tulisan ini bermanfaat.
loading...