Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Urine

loading...
Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi produksi urine manusia :

Hormon antidiuretik

 

Hormon anti diuretik dikeluarkan oleh kelenjar saraf hipofisis. Pengeluaran hormon ini ditentukan oleh reseptor khusus di dalam otak yang secara terus menerus mengedalikan tekanan osmotik darah. Oleh karena itu, hormon ini akan mempengaruhi proses reabsorbsi air pada tubulus kontortus distal sehingga permeabilitas sel terhadap air akan meningkat.
Pada saat tubuh kekurangan cairan, konsentrasi air di dalam tubuh akan menurun. Akibatnya, sekresi ADH meningkat dan dialirkan oleh darah menuju ginjal. ADH meningkatkan pereabilitas sel terhadap air dan permeabilisa saluran pengumpul.
Dengan demikian, air akan berdifusi keluar dari pipa pengumpul, lalu masuk ke dalam darah. Keadaan tersebut dapat memulihkan konsentrasi air dalam darah. Akibatnya, urine yang dihasilkan lebih sedikit dan pekat.

Usia


Usia menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi produksi urine. Sebagai contoh, anak balita lebih sering mengeluarkan urine. Hal ini karena anak balita belum bisa mengendalikan rangsangan untuk mikulturasi. Salain itu, anak balita juga mengkonsumsi lebih banyak makanan berwujud cairan sehingga urine yang dihasilkan lebih banyak.
Sementara itu, jumlah pengeluaran urine pada lansia lebih sedikit. Hal ini karena setelah usia 40 tahun, jumlah nefron yang berfungsi akan menurun kira-kira 10 % setiap tahun. Kondisi ini akan mengurangi kemampuan ginjal dalam memproses pengeluaran urine.

Gaya hidup dan aktivitas


Pada seseorang yang sering berolahraga, urine yang terbentuk akan lebih sedikit dan lebih pekat. Hal ini karena cairan tubuh lebih banyak digunaka untuk membentuk energi. Oleh karena itu, cairan yang dikeluarkan lebih banyak dalam bentuk keringat.

Kondisi kesehatan


Seseorang yang sehat produksi urinenya berbeda dengan seseorang yang sakit. Orang yang sedang sakit bisa mengeluarkan urine lebih banyak  ataupun lebih sedikit tergantung pada jenis penyakit yang dialaminya.

Psikologis


Kondisi psikologis seseorang juga merupakan faktor yang mempengaruhi produksi urine. Orang yang cemas, aktivitas metabolismenya lebih cepat sehingga lebih cepat mengeluarkan urine.

Cuaca


Apabila cuaca panas, cairan tubuh lebih banyak dikeluarkan dalam bentuk keringat. Jika cuaca dingin, cairan tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk urine.


faktor yang mempengaruhi produksi urine

Jumlah air yang diminum


Apabila banyak mengkonsumsi air minum, konsentrasi protein dalam darah akan menurun. Kondisi ini dapat mengakibatkan menurunnya tekanan koloid protein sehingga tekanan filtrasi kurang efektif. Akibatnya, volume urine yang diproduksi akan meningkat.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi produksi urine. Semoga tulisan ini bermanfaat.
loading...