Ciri-ciri, Klasifikasi dan Manfaat Tumbuhan Lumut ( Bryophyta )

loading...

Dalam klasifikasinya, tumbuhan lumut dimasukkan dalam divisio bryophyta, dengan anggota kurang lebih 250.000 spesies. Pada umumnya, tumbuhan lumut hidup di tempat-tempat yang lembab seperti tanah, batang pohon, ataupun bebatuan. Namun ada juga beberapa jenis tumbuhan lumut yang hidup di air dan tempat gersang.

ciri-ciri, klasifikasi dan manfaat tumbuhan lumut

Ciri-ciri tumbuhan lumut

Secara umum, tumbuhan lumut memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Multiseluler yang berarti bahwa tumbuhan lumut terdiri dari banyak sel.
  2. Tumbuhan lumut memiliki alat untuk melekat pada substrat berupa rizoid yang berfungsi untuk menyerap air.
  3. Memiliki kloroplas pada bagian yang mirip daun.
  4. Bagian yang mirip batang teersusun atas beberapa lapis sel dan belum memiliki  jaringan pengangkut.
  5. Alat perkembangbiakan generatifnya berupa  anteridium dan arkegonium.
  6. Tumbuhan lumut mengalami pergiliran keturunan atau metagenesis.

Reproduksi tumbuhan lumut


Cara reproduksi tumbuhan lumut adalah sebagai berikut :
  • Secara seksual, yaitu tumbuhan lumut bereproduksi melalui pelaburan spermatozoid yang dihasilkan oleh anteridium dan ovum yang dihasilkan oleh arkegonium sehingga membentuk zigot. Berdasarkan letak anteridium dan arkegoniumnya, tumbuhan lumut dibedakan menjadi dua, yaitu lumut berumah satu dan lumut berumah dua. Lumut berumah satu yaitu satu individu lumut yang memiliki anteridium dan arkegonium. Sedangkan lumut berumah dua adalah satu individu lumut yang memiliki anteridium saja atau arkegonium saja.
  • Secara aseksual, dapat dilakukan dengan pembentukan gemma/ kuncup, penyebaran spora, fragmentasi, membentuk stolon, dan pertumbuhan protonema.
Reproduksi aseksual dan seksual tumbuhan lumut berlangsung secara bergantian melalui suatu pergiliran keturunan yang disebut metagenesis. Metagenesis adalah proses pergiliran keturunan secara teratur antara fase vegetatif/generasi sporofit dan fase generatif/ generasi gametofit. Fase gametofit menghasilkan gamet jantan (spermatozoid) dan gamet betina (ovum), jika terjadi pembuahan akan terbentuk zigot. Zigot tumbuh membentuk sporagium yang merupakan fase sporofit. Fase ini akan membentuk sporagium yang di dalamnya menghasilkan sel induk spora secara meiosis membelah menjadi spora. Spora tumbuh menjadi protonema dan akhirnya tumbuh menjadi gametofit.
 

Klasifikasi tumbuhan lumut ( bryophyta )

Tumbuhan lumut atau bryophyta dibedakan menjadi tiga kelas, yaitu :
  • Kelas hepaticopsida ( lumut hati ), berbentuk seoperti lembaran daun bercabang-cabang, strukturnya mirip thallus, dan cara reproduksinya secara kawin dan tak kawin. Macam-macam lumut hati antara lain adalah Marchantia polymorpha, Marchantia geminata, Ricciocarpus natans, dan Reboulia hemispherica.
  • Kelas Anthoceropsida ( lumut tanduk ), yaitu sporofit berbentuk tanduk. Contoh : Anthoceros sporophyter.
  • Kelas Bryopsida ( lumut sejati/musci/lumut daun ), lumut sejati memiliki batang semu, akar berupa rizoid,dan daun tersusun secara melingkar atau spiral. Bryopida merupakan lumut berumah satu, pengeluaran spora dari sporagium yang diatur oleh gigi peristom. Macamnya adalah Polytrichum commune, Sphagnum fimbriatum, Sphagnum squarrosum, Mniodendrom divaricatum, Pogonatum circhatum, Aerobryopsis longisima, dan Funaria hygrometrica.

 

Peranan lumut dalam kehidupan

Berikut ini adalah peranan tumbuhan lumut dalam kehidupan manusia :
  • Lumut adalah vegetasi perintis (pioneer), yaitu tumbuhan yang mampu hidup pada daerah kritis sebelum tumbuhan-tumbuhan lain ada.
  • Lumut berfungsi sebagai penahan erosi permukaan tanah, karena perbedaan lumut pada permukaan tanah mngurangi tekanan air hujan.
  • Tumbuhan lumut berperan untuk menyuburkan tanah. Lumut yang mati akan mengalami dekomposisi sehingga menambah bahan organik dalam tanah yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah.
  • Manfaat tumbuhan lumut yaitu sebagai obat penyakit hepar ( hati ) pada manusia. Lumut yang bermanfaat sebagai obat ini yaitu lumut Hepaticeae.   

loading...