Penyakit dan Kelainan Pada Kulit

loading...
Kulit mememegang peranan penting bagi manusia, terutama dalam hal kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, kesehatan kulit sangat penting bukan hanya pada wanita, tetapi juga pria. Beberapa gangguan dan kelainan pada kulit bisa menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai beberapa gangguan dan kelainan pada kulit.

Xerosis


Xerosis merupakan keadaan kulit yang tampak kering dan kasar. Keadaan ini terjadi pada seluruh tubuh  terutama pada tungkai bawah yang diakibatkan oleh kelembaban kulit yang rendah. Xerosis ini mencerminkan adanya kelainan pada proses maturasi dari epidermis sehingga akan menghasilkan suatu permukaan kulit yang tidak rata. Kelainan kulit ini ditandai dengan adanya rasa gatal sehingga terjadi peradangan pada permukaan kulit. Peradangan ini disebabkan oleh adanya kelainan pada lapisan tanduk.

Lentigo

 

Lentigo ditandai adanya bercak-bercak hiperpigmentasi pada kulit, berwarna cokelat hitam. Jika bercak ini terdapat pada kulit yang terkena sinar matahari, disebut solar lentigo. Apabila bercak ini terdapat pada orang tua, bercak tersebut tidak dapat hilang. Akan tetapi, jika bercak tersebut muncul pada kulit orang muda, bercak dapat hilang jika tidak terkena sinar matahari. Lentigo yang muncul pada orang muda disebut freckles.

Kanker kulit

 

Kanker kulit merupakan pertumbuhan sel-sel kulit yang bersifat ganas. Kanker ini dapat diakibatkan oleh :
a.    Terpaparnya bahan-bahan tertentu secara kumulatif.
b.    Menurunnya daya tahan kulit.
c.    Berkurangnya melanosit.

 

Eksim atau dermatitis


Eksim ditandai dengan kulit yang meradang dan mengalami iritasi. Radang ini umumnya terjadi di bagian tangan dan kaki. Eksim pada orang yang berkulit putih akan tampak berwarna  merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu, eksim pada kulit orang yang berkulit gelap akan tampak lebih gelap sehingga mempengaruhi pigmen kulit. Eksim ini apabila dibiarkan akan menimbulkan rasa gatal yang memicu terjadinya infeksi. Oleh karena itu, eksim perlu diobati untuk menghilangkan rasa gatal.
 

Scabies


Scabies merupakan penyakit pada kulit yang diakibatkan oleh alergi terhadap tungau. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya rasa gatal pada malam hari, tampak lepuh-lepuh kecil, dan terjadi abrasi dikarenakan garukan dan goresan pada ruam. Penyakit ini dapat menular melalui kontak kulit, tidur seranjang, dan menggunakan handuk yang sama dengan orang yang terinfeksi.

 

Kusta atau lepra


Kusta merupakan penyakit infeksi kronis pada kulit yang diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit kulit ini apabila tidak segera ditangani akan mengakibatkan kerusakan pada kulit, saraf, anggota gerak, dan mata.

 

Jerawat


penyakit kelainan pada kulit
Jerawat merupakan kondisi abnormal pada kulit akibat dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Berlebihnya produksi kelenjar minyak ini mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Kondisi ini mengakibatkan kulit menjadi meradang. Bagian tubuh yang mudah terkena jerawat yaitu muka, dada, dan punggung.

 
Demikianlah penjelasan mengenai penyakit dan kelainan pada kulit. Semoga tulisan ini membuat kita lebih peduli untuk menjaga kesehatan kulit kita.
loading...