Fungsi Rangka Manusia dan Bagian-Bagian Rangka Manusia

loading...
Rangka atau tulang termasuk salah satu alat tubuh pada manusia dan hewan. Apa yang terjadi jika tangan dan kaki kita tidak memiliki rangka di dalamnya? Tentu kita tidak dapat berdiri tegak. Apakah kamu tahu fungsi rangka bagi manusia ? Fungsi rangka bagi manusia, antara lain:
  1. menguatkan dan menegakkan tubuh,
  2. menentukan bentuk tubuh, 
  3. tempat melekatnya otot, 
  4. melindungi  bagian-bagian tubuh yang penting dan halus.
  5. tempat pembentukan sel darah 
  6. sebagai alat gerak pasif

Fungsi Rangka Manusia


Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam fungsi rangka pada manusia dan hewan tersebut.
 

1.    Menguatkan dan menegakkan tubuh


Rangka manusia berfungsi untuk menguatkan dan menegakkan tubuh. Tanpa adanya rangka, maka manusia tidak akan bisa berdiri dengan tegak karena tidak adanya penopang dan penyokong. Semua rangka pada manusia berfungsi untuk menguatkan dan menegakkan tubuh ini.
 

2.    Menentukan bentuk tubuh


Rangka menentukan bentuk tubuh manusia, apakah tinggi, pendek atau sedang. Bagian kaki dan rusuk banyak mennentukan besar kecilnya tubuh manusia. Sedangkan  tengkorak berperan dalam pembentukan bagian wajah manusia.
 

3.    Tempat melekatnya otot


Rangka manusia menjadi tempat melekatnya otot-otot dan daging. Dengan demikian, maka manusia bisa terbentuk dengan utuh dan tidak telihat mengerikan jika tulang terletak pada bagian luar.
 

4.    Melindungi bagian-bagian tubuh yang penting


Seluruh organ yang ada dalam tubuh manusia dilindungi oleh rangka. Otak misalnya dilindungi oleh tengkorak. Bagian paru-paru, jantung, hati dan lain-lainnya dilindungi oleh tulang rusuk. Rangka manusia sangat membantu melindungi organ penting manusia ini dari benturan.
 

5.    Tempat pembentukan sel darah


Sel-sel darah manusia dibentuk di rangka. Sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan trombosit atau keeping-keping darah dihasilkan melalui zat makanan tetapi diolah menjadi darah pada sum-sum tulang belakang dan rangka manusia.
 

6.    Sebagai alat gerak pasif


Pergerakan manusia disebabkan karena otot dan sendi yang bekerja sama untuk melakukan gerakan, sehingga otot dan sendi disebut alat gerak aktif. Akan tetapi, tanpa adanya tulang, maka sendi dan otot tidak aka nada gunanya. Oleh karena itu, tulang dan rangka manusa disebut sebagai alat geak pasif.

Fungsi Rangka Manusia dan Bagian-Bagian Rangka Manusia

Bagian-Bagian Rangka Manusia


Tulang yang menyusun rangka tubuh kita terdiri atas berbagai jenis. Contohnya adalah tulang- tulang tubuh berikut:
 
  1. Rangka kepala atau tengkorak berfungsi sebagai tempat perlindungan otak, mata, telinga, hidung, dan saluran pernapasan bagian atas.
  2. Ruas tulang leher berfungsi sebagai tempat perlindungan tenggorokan dan kerongkongan. 
  3. Rangka tulang dada bersama dengan tulang rusuk berfungsi melindungi alat pernapasan (paru-paru), alat peredaran darah (jantung), dan alat pencernaan. 
  4. Tulang pinggul berfungsi melindungi alat pencernaan dan alat kelamin. 
  5. Tulang belakang berfungsi melindungi sumsum tulang belakang dan memberi kekuatan tubuh.
Secara garis besar, rangka dalam terdiri atas rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak. 

Rangka kepala (tengkorak) meliputi tulang- tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak.
  1. Tulang-tulang tengkorak wajah terdiri atas: 2 tulang hidung, 2 tulang pipi, 2 tulang rahang  atas,  dan  tulang  rahang bawah, 2 tulang air mata, tulang langit-langit, tulang pisau luku, dan 1 tulang lidah.
  2. Tulang pelindung otak meliputi 1 tulang dahi, 1 tulang belakang kepala, 2 tulang pelipis, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, dan 2 tulang tapis. Agar lebih jelas tentang tulang kepala, perhatikan gambar berikut.
Rangka kepala berfungsi melindungi bagian tubuh kita yang sangat lunak yang disebut otak. Jika kita mengalami kerusakan otak, maka kemungkinan besar kita tidak dapat beraktivitas. Keretakan pada kepala dapat menyebabkan kerusakan otak. Jatuh dari tempat yang tinggi atau jatuh dari motor hingga kepala terbentur benda keras juga dapat menyebabkan tulang kepala retak. Oleh karena itu, apabila mengendarai sepeda motor kita diharuskan memakai helm. Usahakan pula agar kepala kita tidak membentur benda keras. 

Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul.
  1. Tulang belakang terdiri atas 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.
  2. Tulang rusuk terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang, 
  3. Tulang dada terdiri atas tiga bagian, yaitu tangkai atau hulu, badan, dan taju pedang. Tulang dada merupakan tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan.
  4. Tulang gelang bahu tersusun atas sepasang tulang belikat dan sepasang tulang selangka. 
  5. Tulang gelang panggul dibentuk oleh 2 tulang usus, 2 tulang duduk, dan 2 tulang kemaluan.
Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).
  1. Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan), yaitu: tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, dan tulang telapak tangan, tulang ruas-ruas jari.
  2. Tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai), yaitu: tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang tempurung lutut, tulang telapak kaki, dan tulang ruas-ruas jari.
Demikianlah penjelasan mengenai bagian-bagian rangka dan fungsi rangka manusia. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
loading...