Macam-Macam Vitamin | Sumber dan Fungsi Vitamin Bagi Tubuh

loading...
Vitamin adalah sekelom senyawa organik yang berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh (metabolisme tubuh). vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, kecuali vitamin K. Vitamin diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit.
 
Meskipun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, kebutuhan vitamin harus tetap dipenuhi. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan defisiensi yang disebut avitaminosis. Kekurangan vitamin mengakibatkan tubuh kita mudah terserang penyakit.
 
Ada vitamin yang larut dalam air, yaitu vitamin B dan C. Ada juga vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K. Berikut ini adalah penjelasannya.

 

Macam-macam vitamin yang larut dalam air


Berikut ini adalah nama-nama vitamin yang larut dalam air :

 

Vitamin B1 (tiamin)


Vitamin B1 bersumber dari ekstrak ragi, kacang-kacangan, susu, hati, dan kecambah. Fungsi vitamin B1 adalah sebagai prekursor koenzim dalam metabolisme karbohidrat. Akibat kekurangan vitamin B1 adalah dapat menimbulkan penyakit beri-beri.

 

Vitamin B2 (ribovlavin laktoflavin)


Sumber vitamin B2 banyak terdapat pada hati, ginjal, telur, susu, mentega, sayuran, ragi, dan kecambah. Fungsi vitamin B2 antara lain sebagai transmisi rangsangan cahaya ke saraf mata, menjaga nafsu makan, memelihara kulit di sekitar mulut, dan sebagai komponen koenzim dalam metabolisme energi. Kekurangan vitamin B2 akan menyebabkan luka di sudut bibir (keilosis), katarak, dermatitis, diare, dan kelemahan otot.

 

Vitamin B3 (niasin)


Sumber utama vitamin B3 banyak terdapat pada susu, hati, ikan, telur, dan daging tanpa lemak. Fungsi vitamin B3 adalah dalam pertumbuhan sel, serta bersama fosfat vitamin B3 membentuk koenzim yang berperan dalam respirasi sel. Akibat kekurangan vitamin B3 adalah penyakit pelagra dengan gejala 3D (dermatitis/radang kulit, diare, dan demensia).

 

Vitamin B5 (asam pantotenat)


Sumber vitamin B5 banyak terdapat pada ragi, hati, kuning telur, daging, ikan, dan sayur-sayuran hijau. Fungsi vitamin B5 antara lain memelihara tingkat gula darah yang normal, dan sebagai komponen struktur koenzim-A yang berperan dalam proses oksidasi sel. Akibat kekurangan vitamin B5 adalah adanya radang kulit, nafsu makan menurun, dan insomnia.

 

Vitamin B6 (piridoksin)


Sumber utama vitamin B6 antara lain daging, hati, telur, susu, kentang, kacang-kacangan, dan ragi. Fungsi vitamin B6 adalah memelihara keseimbangan unsur P dan K dalam sel. Vitamin B6 juga aktif dalam pembentukan antibodi dan beberapa koenzim dalam metabolisme. Akibat kekurangan vitamin B6 adalah peradangan kulit, anemia, mudah marah, kejang otot, keterbelakangan mental, dan batu ginjal.

 

Vitamin B11 (asam folat)


Sumber vitamin B11 atau asam folat dalam makanan banyak terdapat pada kacang-kacangan, ragi, hati, pisang, lemon, dan sayuran hijau. Fungsi vitamin B11 adalah dalam proses pembuatan koenzim untuk produksi eritrosit, dan membentuk asam nukleat untuk sintesis protein. Akibat kekurangan vitamin B11 adalah anemia, diare, megaloblastosis (membesarnya eritrosit), dan terhambatnya pertumbuhan.

 

Vitamin B12 (sianokobalin)


Vitamin B12 bersumber dari daging, unggas, ikan, telur, keju, susu, hati, udang dan kerang. Fungsi vitamin B12 adalah dalam metabolisme sel dan pertumbuhan jaringan serta pembentukan eritrosit. Akibat kekurangan vitamin B12 adalah penurunan berat badan, pusing, anemia, peradangan saraf,

 

Vitamin H (biotin)


Sumber utama vitamin H adalah kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan daging. Vitamin H berfungsi sebaga koenzim metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Akibat kekurangan vitamin H adalah dapat menimbulkan depresi, kurang nafsu makan, kelelahan, dan sakit otot.

 

Vitamin C (asam askorbat)


Sumber vitamin C pada makanan banyak terdapat pada jeruk, tomat, nanas, pepaya, semangka, stoberi, hati, dan sayur-sayuran segar. Fungsi vitamin C adalah dalam pembentukan serabut kolagen, menjaga elastisitas kapiler darah, menjaga perlekatan akar gigi pada gusi, dan koenzim dalam katabolisme karbohidrat dan lemak. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan terganggunya imunitas tubuh, pendarahan pada gusi dan persendian, penyakit skorbut, terhambatnya pembentukan kolagen, kulit bersisik, serta penurunan fungsi pembuluh darah, otot, dan tulang rawan.

 

macam-macam vitamin

Macam-macam vitamin yang larut dalam lemak


Berikut ini adalah nama-nama vitamin yang larut dalam lemak :

 

Vitamin A (retinol antiseroftalmia)


Sumber vitamin A pada makanan adalah sayur-sayuran, dan buah-buahan berwarna kuning dan merah (mengandung karoten), mentega, hati, kuning telur dan daging. Fungsi vitamin A adalah sebagai antioksidan, memelihara kesehatan mata dan kulit, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menghambat proses penuaan, dan memelihara jaringan epitel. Akibat kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit xeroftalmia, rabun senja, kulit kasar, dan kelelahan.

 

Vitamin D (ergosterol=kalsiferol)


Sumber vitamin D dalam makanan banyak terdapat pada susu, minyak ikan, kuning telur, ragi, dan sinar Ultra Violet. Fungsi vitamin D adalah dalam absorbsi fosfor dan kalsium serta dalam pembentukan tulang dan gigi. Akibat kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakitis pada bayi, serta osteomalasia atau melunaknya tulang pada orang dewasa.

 

Vitamin E (tokoferol=antisterilitas)


Sumber utama vitamin E adalah minyak zaitun, kecambah, susu, kuning telur, kacang-kacangan, tumbuhan hijau, da biji gandum. Fungsi vitamin E adalah dalam pembentukan eritrosit, fungsi reproduksi, mencegah oksidasi lemak tak jenuh, dan sebagai antioksidan. Akibat kekurangan vitamin E adalah kerusakan hati, penimbunan lemak pada otot, kemandulan, pecahnya eritrosit, sehingga menyebabkan anemia.

 

Vitamin K (filukuinon = antihemoragia)


Sumber vitamin K banyak terdapat pada kubis, bayam, hati, dan kuning telur. Fungsi vitamin K adalah dalam proses pembekuan darah dan pembentukan protrombin dalam hati. Akibat kekurangan vitamin K akan menyebabkan darah sukar membeku dan pendarahan.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. semoga melalui tulisan ini kita bisa lebih paham dengan  fungsi vitamin, sumber vitamin dan akibat kekurangan vitamin dalam tubuh.
loading...