Filum Nemathelminthes : Ciri-Ciri dan Klasifikasi Nemathelminthes

loading...

Ciri-ciri Nemathelminthes

Nemathelminthes berasal dari kata nematos yang berarti benang dan helminthes yang berarti cacing. Nemathelminthes adalah kelompok cacing yang bentuk tubuhnya menyerupai benang. Tubuh tidak bersegmen, tripoblastik, dan pseodoselom karena rongga tubuhnya semu. Alat pencernan Nemathelminthes mulai dari mulut, kerongkongan, usus, dan anus. Alat reproduksi terpisah, dimana individu jantan lebih kecil dan ujung posteriornya bengkok.

Filum Nemathelminthes : Ciri-Ciri dan Klasifikasi  Nemathelminthes


Klasifikasi Nemathelminthes

Nemathelminthes dibagi ke dalam dua kelas, yaitu :
 
1.    Kelas Nematomorpha, contoh : Neotonema sp., dan Gosdius sp.
 
2.    Kelas Nematoda, contoh : Ascaris sp., Ancylostoma sp., Oxyuris sp., Filaria sp.
 
Beberapa nematoda adalah parasit yang merugikan yaitu :
  • Ascaris Lumbricoides ( cacing perut ) yaitu parasit pada tubuh manusia terutama anak-anak di dalam usus halus. Cacing betina berumur lebih panjang mencapai 330 cm, jika bertelur mencapai 200.000 per hari. Mulut Ascaris memiliki 3 buah bibir pada ujung anterior. Alat kopulasi cacing jantan disebut penial spikula.
  • Ancylostoma doudenale dan Necator americanus atau yang dikenal dengan nama cacing tambang. Ancylostoma banyak menyerang orang Afrika dan Necator banyak menyerang orang Amerika. Ancylostoma duodenale dan Necator americanus adalah parasit pada usus besar manusia, berkelompok, mengisap darah, dan menimbulkan anemia bahkan menyebabkan kematian.
  • Oxyuris vermicularis, dikenal dengan nama cacing kremi dan hidup sebagai parasit dalam tubuh manusia terutama anak-anak. Dalam daur hidup oxyuris, telur yang dihasilkan diletakkan pada anus manusia sehingga menimbulkan rasa gatal. Jika digaruk akan menempel pada tangan dan menimbulkan autoinfeksi.
  • Wuchereria bancrofti ( Filaria ), merupakan parasit dalam pembuluh limpfe ( getah bening ) dan jaringan otot vertebrata terutama manusia. Filaria menyebabkan penyakit kaki gajah (elephantiasis), dengan perantara nyamuk culex yang membawa mikrofilaria.
  • Trichinella spiralis, parasit pada otot mausia.
  • Loa loa, hidup di dalam mata.
  • Heterodera radicicola, yang hidup pada akar tanaman.
Demikianlah penjelasan mengenai Nemathelminthes, ciri-ciri dan klasifikasi Nemathelminthes. Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa peran Nemathelminthes dalam kehidupan tidak terlalu signifikan. Bahkan kebanyakan dari Nemathelminthes adalah parasit dalam tubuh manusia.
loading...