Ciri-ciri, Klasifikasi dan Peranan Mollusca dalam Kehidupan

loading...

Ciri-ciri Moluska

 

Moluska berasal dari kata mallis yang artinya lunak, sehingga dapat diartikah bahwa moluska adalah hewan yang tubuhnya lunak. Selain itu, tubuh moluska tidak beruas dan memiliki mantel. Umumya mempunyai cangkang, sistem peredaran darah tertutup, dan ekskresi oleh nefridia.

Klasifkasi moluska


Berdasarkan bentuk dan kedudukan alat geraknya, moluska dibedakan menjadi :
 
1. Kelas Amphineura, memiliki tubuh memanjang, tidak berkepala. Tidak bertentakel, dan kulit bagian dorsal tebal. Contohnya adalah Chiton squamosum.
 
2. Kelas Scaphopoda, memiliki cangkang berbentuk pipa terbuka pada kedua ujungnya dan mulut terletak pada moncong yang dikelilingi oleh  tentakel berbentuk daun-daun kecil. Tempat hidupnya di air laut. Contohnya adalah Dentalium dentale.
 
3. Kelas Pelecypoda/ Lammelibranchiata / bivalvia, memiliki kaki berbentuk seperti mata kapak, insang berbentuk seperti papan pipih, cangkang terdiri dari dua belahan, dan tidak memiliki kepala. Struktur cangkang Pelecypoda terdiri dari :
  • Lapisan periosstrakum, merupakan lapisan paling luar, terbuat dari bahan kitin/ tanduk, dan warna gelap.
  • Lapisan prismatik, merupakan lapisan tengah, tebal, yang tersusun dari zat kapur yang berbentuk prisma.
  • Lapisan nakres/ lapisan mutiara, merupakan lapisan paling dalam yang terdiri dari zat kapur.
Contoh kelas Pelecypoda ini adalah Meleagrina sp ( kerang mutiara ), Pecten sp ( kerang dara ), Anodenta sp ( kijing ), Corbicula sp ( remis ).
 
4. Kelas Cephlapoda, memiliki kaki yang terdapat pada bagian kepala, pada kepala terdapat sepasang mata yang berkembang dengan baik, dan mulut dikelilingi tentakel dan alat pengisap. Pangkal lengan membentuk leher yang berbetuk corong/sifon sebagai jalan keluar air dari rongga mantel. Cephlapoda memiliki alat pelindung berupa kantong tinta yang menghasilkan cairan tinta yang disemburkan keluar melalui anus. Contoh hewan kelas cephlapoda antara lain Loligo indica ( cumi-cumi ) yang memiliki 8 tangan pendek dan dua tentakel panjang, Octopus bairdi ( gurita ), dan Nautilus pompelius ( satu-satunya Ceplhapoda yang bercangkang )
 
ciri-ciri moluska


5. Kelas Gastropoda, merupakan kelompok hewan dengan kaki di perut, tubuh asimetris, dan cangkang berbentuk kerucut. Pada kepala terdapat tentakel panjang dengan bintik mata untuk membedakan gelap dan terang sedangkan tentakel pendek mengandung saraf pembau. Pada kaki mengeluarkan zat lendir untuk membantu memudahkan gerakan. Contoh Gastropoda adalah Achatina fulica ( bekicot ), Lymnea javanica ( siput sawah ).

Peranan Moluksa


Moluska adalah salah satu invertebrata yang memiliki manfaat paling banyak dalam kehidupan manusia dibandingkan invertebrata lainnya. selain manfaat positif, moluska juga memiliki manfaat negatif.  berikut ini adalah manfaat mollusca dalam kehidupan manusia.
1.    Sebagai sumber makanan ( kerang, gurita, cumi-cumi, keong, dan lain-lain ).
2.    Moluska bermanfaat sebagai perhiasan antara lain kerang mutiara.
3.    Moluska berperan untuk memperkeras jalan dengan menggunakan cangkang.
4.    Cangkang Tridacna digunakan sebagai sangkar bayi di India Timur.
5.    Sebagai perhiasan baju ( cangkang yang berwarna )
6.    Moluska bisa merusak bangunan kayu pada dermaga ( Teredo navalis )
7.    Inang perantara antara cacing hati ( Lymnaea )
8.    Merusak tanaman budi daya ( Archatina )
 
Demikianlah penjelasan mengenai Moluska, peran moluska, ciri-ciri moluska dalam kehidupan, serta klasifikasi moluska. Semoga bermanfaat.
loading...